Wednesday, December 9, 2020

Mengenang Lennon, Setelah 40 Tahun Kepergiannya

Tanggal 8 Desember 2020, beatlemania di berbagai belahan dunia memperingati peristiwa kematian John Lennon dengan caranya masing-masing. Sudah 40 tahun berselang, namun para penggemar tak pernah lupa. Ingatan akan peristiwa tertembaknya Lennon yang berakhir dengan kematiannya, tak akan lekang oleh waktu.

Sebuah catatan menarik ditulis oleh sebuah akun fesbuk dengan nama Love from George. Menarik, karena ternyata angka 40 ini punya makna khusus. John meninggal di usia 40 tahun.

Baca juga: Peringatan Kematian John Lennon 2019

 

Paul McCartney, melalui akunnya juga berbagi kenangan tentang kawan seperjuangannya tersebut. Ia mengunggah foto karya istrinya, saat ia duduk berdampingan dengan Lennon. 


Baca juga: Rekaman Decca, Awal Mula The Beatles

Di akun twitternya, Ringo Starr juga membagikan kenangannya terhadap Lennon. Seperti Paul, ia pun mengunggah fotonya saat berdua dengan Lennon. 

Penyanyi Cat Stevens atau Yusuf Islam juga menunjukkan apresisasinya. Ia menyebut Lennon sebagai perancang perdamaian di masa depan.


Baca juga: Menunggu Film Dokumenter The Beatles?

Akun musik In Music We Trust menampilkan foto Ozzy Osbourne yang sedang meletakkan bunga di monumen Strawberry Field di Central Park.


Seperti kita tahu, Lennon meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit, setelah ditembak Mark David Chapman pada 8 Desember 1980. Chapman sendiri hingga kini masih mendekam di penjara. Upaya evaluasi hukuman terhadap Chapman dilakukan empat tahun sekali. Namun hingga tahun ini, Yoko tak memberikan persetujuannya atas pembebasan Chapman dengan pertimbangan kejadian serupa dapat berulang.

Baca juga: Mark Chapman dan Persitiwa Kematian John Lennon

Yoko sendiri tahun ini kembali menggaungkan kampanye tentang pembatasan penggunaan senjata. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kembali ia unggah foto kacamata yang dipakai Lennon saat penembakan terjadi. Terlihat bercak darah pada bagian kiri kacamata.

Ia juga mengungkapkan kekangenan mereka, dia sendiri bersama Julian dan Sean terhadap sosok Lennon.

Baca juga: John Lennon, Yoko Ono, dan Pernikahan Mereka

 

 

0 comments:

Post a Comment