Yopie Latul dan Lagu-lagunya Yang Berjaya

Pekan lalu kita mendapatkan kabar, berpulangnya salah satu penyanyi tanah air. Ya, penyanyi senior Yopie Latul meninggal dunia pada Rabu (9/9/2020) di Cibinong, Bogor, saat dalam perawatan akibat virus corona atau Covid-19.

Yopie Latul lahir di Ambon, Maluku, pada 7 September 1955. Ia mengawali karir bermusik sebagai penyanyi jazz dengan albumnya Ambon Jazz Rock yang sukses. Berikutnya ia berganti aliran. Nyemplung ke dunia musik pop. Tak tanggung-tanggung, langsung berjaya saat membawakan 'Ayun Langkahmu', karya Elfa Secioria dan Wieke Gur pada Festival Lagu Populer Indonesia 1986. 


Setahun berikutnya ia kembali berkibar di panggung yang sama lewat karya Guruh Soekarnoputra. 'Kembalikan Baliku' yang dibawakannya bersama paduan suara Swara Mahardhika juga bertarung di ajang internasional. Lewat lagu ini, Yopie menerima Kawakami Awards dari ajang World Pop Song Festival di Budokan, Tokyo.


Baca catatan lagu-lagu Indonesia lainnya di sini

Yopie sempat sukses dengan Kelompok 7 Bintang, bersama penyanyi-penyanyi tanah air, yang lagunya masuk dalam berbagai album kompilasi, dan album Oh Susy Sayang. Setelahnya, ia kembali pindah aliran. Pada 1991 ia merilis album Hey Gadis dalam irama reggae. Dua tahun kemudian ia malah nyemplung ke dunia dangdut. Albumnya, Simalakama II dalam musik dangdut dengan nuansa Sumatra Selatan, terhitung sukses dan menjadikannya masuk dalam jajaran penyanyi dangdut tanah air. Lagu ini sempat dipopulerkan kembali Rama Aiphama dan mencatat sukses. 

Beberapa album lain sempat dirilis hingga tahun 2000 melahirkan album dengan lagunya yang menjadi superhit, Poco-poco. Lagu ini menjadikan senam Poco-Poco mewabah di tanah air dan bertahan hingga kini. Berkat lagu ini, Yopie berhasil menyabet penghargaan Penyanyi Disco/House Music/Rap/Dance Music Terbaik pada ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia 2001. 

Rest in peace, Yopie Latul...

Ikuti aneka cerita tentang lagu-lagu tanah air dan dunia hanya di pecandumusik.com


No comments