Perayaan 50 Tahun Abbey Road


Setelah bubar, The Beatles masih saja menunjukkan taringnya. Abbey Road, album yang pertama rilis September 1969 tersebut berhasil menempati urutan pertama kembali tangga album Inggris. Abbey Road edisi 50 tahun berisi materi yang belum pernah dipublikasikan. Tak urung hal ini bikin takjub Paul McCartney.

"Sulit untuk percaya Abbey Road masih bertahan setelah bertahun-tahun. Tapi sekali lagi itu adalah album keren." Demikian Paul menuliskan kicauannya di twitter. Album ini memiliki jarak waktu terpanjang, yakni 49 tahun-252 hari. Sebelumnya, rekor dipegang oleh album Beatles yang lain, Sgt Pepper Lonely Hearts Club Band. Edisi ulang tahun ke-50, Sgt Pepper memimpin lagi tangga lagu setelah 49 tahun-125 hari rilis pertamanya.


Album Abbey Road sendiri dirayakan secara khusus para penggemar The Beatles bulan lalu. Ratusan orang tumpah di area sekitar Studio Abbey Road. Tentu saja zebra cross Abbey Road menjadi sasaran untuk ajang foto.

Seperti kita tahu, berempat, The Beatles difoto tengah menyeberangi zebra cross Abbey Road. Pemotretan dilakukan pada Jumat, 8 Agustus 1969, oleh fotografer Skotlandia, Iain Macmillan. Hanya diagendakan 10 menit untuk proses pemotretan. Macmillan berdiri di atas tangga tengah jalan, sedangkan seorang polisi memblokir jalan. Gambar George Harrison, Paul McCartney, Ringo Starr, dan John Lennon ini menjadi gambar sampul dari album Abbey Road dan mungkin foto paling ikonik dari The Beatles.

Macmillan dikenal sebagai fotografer artis sejak akhir 60-an. Di antaranya ia memotret The Who, Peter Townshend, Twiggy, dan Stevie Wonder. Karya potretnya, John Lennon dan Yoko Ono cukup dikenal. Bahkan ia pernah tinggal bersama John dan Yoko. Pada pemotretan tersebut, Macmillan mengambil enam gambar. Foto yang dipilih adalah jepretan kelima, dengan pertimbangan, kaki mereka membentuk formasi 'V' yang sempurna. Hanya itu. Macmillan tak pernah terpikir kalau foto tersebut dan jalan tersebut akan menjadi sangat terkenal. Siapa yang sudah jauh-jauh datang ke Abbey Road tanpa berfoto di penyeberangan jalan ini?



Hal itulah yang lebih kurang menjadi alasan para fans The Beatles, hadir dan berfoto ala-ala The Fab Four pada peringatan 50 tahun foto itu. Bukan hanya dari Inggris, penggemar Beatles dari berbagai negara juga bergabung. Seperti dikutip The Guardian, penggemar dari Argentina, Italia, Spanyol, Brasil, Jerman, Australia, dan Selandia Baru secara khusus datang ke Liverpool demi ikut merayakan momentum tersebut. Selama berpuluh tahun, The Beatles telah menyatukan manusia dengan berbagai latar belakang..

No comments