The Beatles Font

Beberapa minggu lalu ada pendengar #HELPBeatlesShow yang menanyakan tentang font The Beatles. Sempat dijawab sedikit, lalu jadi terpikir untuk menuliskannya lebih detil. 

Adalah Ivor Arbiter, sosok di desain logo The Beatles dengan drop-T. Pria yang lahir di Balham, London Selatan, pada tahun 1929, ini dibesarkan di tengah-tengah Kota West End. Dia memiliki usaha ritel alat musik. Ia menjadi yang pertama pembuat toko spesialis. Drum City, di Shaftesbury Avenue, menjadi ajang berkumpulnya drummer jazz pada akhir 1950-an. Arbiter sendiri mengakui idenya datang dari Amerika, dari sebuah toko yang mengkhususkan penjualan alat musik drum. Proyek lainnya Sound City, sebuah gerai gitar dan amplifikasi. Di tempat inilah The Beatles membeli aneka peralatan mereka. Selain The Beatles, tersebutkan drummer Shadows, Brian Bennett, dan gitaris Jeff Beck dan Jimi Hendrix yang juga menjadi pelanggan mereka. Hingga suatu kali tak sengaja Arbiter menjadi desainer logo grup asal Liverpool ini. 

Alkisah, pada tahun 1963 Ringo Starr mencari perlengkapan Premier-nya yang rusak. Dengan didampingi sang manajer, Brian Epstein, ia mengunjungi Drum City. Saat itu Arbiter tak sedang berada di toko. Karyawannya menelfon dan menyebutkan ada seseorang bernama Brian Epstein dan drummer ingin bertemu. Katanya, ”Here was this drummer, Ringo, Schmingo, whatever his name was..” 😀 Arbiter belum pernah dengar tentang The Beatles. Lagipula ia percaya setiap band akan menjadi besar pada masa itu. Epstein memintanya menyertakan nama band pada drum bass. Buru-buru, Arbiter membuat sketsa logo drop-T pada secarik kertas. Drum City mendapat bayaran £ 5 untuk desain tersebut. Lalu pengerjaannya diserahkan kepada pekerja setempat, Eddie Stokes, yang membuat tulisan ‘The Beatles’ tersebut selama jam makan siangnya.

Arbiter terbilang sukses sebagai pemilik ritel alat musik. Berbarengan dengan perkenalannya dengan The Beatles, ia memenangkan franchise untuk gitar Fender.Di luar industri musik, Arbiter membagikan keahlian bisnisnya untuk tim sepak bola setempat, Hendon FC. Awal 90-an ia mensponsori kesebelasan ini. Para pemain mengenakan kaos tim berlogo gitar Fender di baju mereka. Tahun 1994 ia menjadi ketua tim. Dan saat ini klub ini mengalami masa sulit, perusahaannya membelinya.

Kembali ke perihal logo The Beatles, jenis font ini kemudian digarap oleh Northern Fonts, diberi nama Bootle, dan bisa digunakan oleh siapapun. Barangkali minat, ini salah satu link yang bisa free-download, Bootle Font (http://www.fontspace.com/northern-fonts-ltd/bootle).

No comments