Wednesday, February 23, 2022

Vokalis Utama Procol Harum, Gary Brooker Meninggal Dunia

Penyanyi utama Procol Harum, Gary Brooker, berpulang Sabtu lalu. Kabarnya baru muncul di aneka media tanah air hari ini, karena halaman resmi Facebook grup ini baru membuat pengumumannya pada Selasa, 22 Februari 2022, waktu setempat, pada usianya yang ke76 tahun. Apa yang kalian ingat tentang nama ini?  


Baca juga: Selamat Jalan, Meatloaf

Gary Brooker memang sudah lama didagnosis menderita kanker. Akhirnya ia menyerah pada Sabtu, 19 Februari 2022. Lahir pada 29 Mei 1945 di Hackney, Inggris, Brooker telah mengenal musik sedari kanak. Ayahnya, Harry Brooker, adalah pemusik profesional. Tak heran jika Brooker telah bermain piano, cornet, dan trombone sejak bocah. Sayang sang ayah meninggal dunia saat ia baru 11 tahun. Bukannya belajar musik, Booker memilih jalur sekolah dengan belajar zoology dan botany di Southend Municipal College. Pendidikan formal lantas ditinggalkannya, dan menjadi musisi profesional. 

Saat berusia 17 tahun, Brooker sempat membentuk band, The Paramounts bersama gitaris Robin Trower. Mereka banyak mendapatkan undangan manggung, beberapa kali sempat berbagi panggung  bersama Rolling Stones. Tahun 1964, mereka sempat merilis single Poison Ivy, dan terhitung sukses. Sayangnya, grup ini hanya bertahan hingga 1966. Brooker yang awalnya akan berhenti menulis lagu, malah berjumpa penulis lirik Keith Reid. Mereka lantas mendirikan grup yang dinamai Procol Harum.

Baca juga: Mengenang 40 Tahun Lennon

Suara dan piano merupakan paduan khas seorang Brooker. Melekat betul selama ia memimpin Procol Harum selama lebih 50 tahun berkarya. Brooker dikenal juga memiliki selera humor yang baik.

"Dia menerangi setiap ruangan yang dia masuki, dan kebaikannya kepada keluarga hingga penggemar multibahasa, sangat legendaris. Dia juga terkenal karena individualitasnya, integritasnya, dan terkadang eksentrisitasnya, keras kepalanya. Kecerdasannya yang tajam dan seleranya yang konyol, membuatnya menjadi pencerita yang tak ternilai (dan candaan antarlagunya yang surealis membuat kontras yang menarik dengan gravitasi penampilan Procol Harum)." Demikian tertulis dalam akun official media sosial Procol Harum.

Baca juga: Jurnalis Musik, Bens Leo Meninggal Dunia

Salah satu karya Brooker bersama Procol Harum adalah single debut mereka, A Whiter Shade of Pale. Lagu yang rilis pada 1967 tersebut terinspirasi dari musisi klasik seperti Johann Sebastian Bach dan George Frideric Handel. Pada 2018 lalu, A Whiter Shade of Pale didaulat di Rock and Roll Hall of Fame. Di tangga lagu, A Whiter Shade of Pale berhasil bertengger di puncak lagu di Inggris selama enam pekan, serta nomor lima di Billboard Hot 100. Sementara, album The Summer of Love terjual total 10 juta kopi di seluruh dunia. 

Selain berkarya dalam bidang musik, Brooker juga melakukan banyak kegiatan kemanusiaan. Pada 2003, Ratu Inggris menganugerahi Brooker, MBE (Most Excellent Order of the British Empire), atas upaya kemanusiaannya. 


0 comments:

Post a Comment