Eddie Van Halen Tutup Usia

Kabar duka datang dari blantika musik dunia. Eddie Van Halen berpulang pada Rabu, 7 Oktober 2020 lalu. Eddie telah lama menjadi cancer survivor. Ia didiagnosis kanker lidah pada tahun 2000. Dua tahun kemudian sempat dinyatakan bersih pasca operasi pemotongan sepertiga bagian lidahnya. Tapi di beberapa waktu terakhir ternyata sel kanker sudah menyebar luas hingga ke otaknya.


Putra Eddie, Wolf menulis di akun twitternya @WolfVanHalen: “Saya tidak percaya harus menulis ini. Pagi ini ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kalah dalam perjuangan panjang dan sulit melawan kanker. Dia ayah terbaik bagi saya. Setiap waktu saya bersamanya di atas dan di luar panggung adalah hadiah. Saya sangat sedih dan rasanya tidak mungkin pulih dari kehilangan ini. Saya menyayangimu Ayah." 

Nama lengkapnya Edward Lodewijk Van Halen. Ia lahir di Amsterdam pada 26 Januari 1955. Ayahnya, Jan Van Halen adalah pemain saksofon dan klarinet asal Amsterdam yang menikah dengan perempuan blasteran Indonesia-Belanda kelahiran Rangkasbitung, Eugenia Van Beers. Jan berjumpa dengan Eugenia dalam kunjungannya ke Indonesia. Mereka baru meninggalkan Jakarta pada 1953, dua tahun sebelum kelahiran Eddie. 

                                            Eddie Van Halen muda

Jan mengalami masa sulit. Bermodal 75 guilders (mata uang Belanda saat itu), ia nekat memboyong keluarganya ke Pantai Barat AS, persisnya di Pasadena, California pada 1962. Selain bermain musik, Jan juga bekerja sebagai cleaning service. Sedangkan sang ibu, bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Mereka pernah tinggal dalam sebuah rumah bersama tiga keluarga lainnya. Meski demikian Jan berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, terutama dalam hal bermusik. Bersama kakaknya, Alex, Eddie belajar piano klasik saat usia SMA. Saat The Beatles dan The Rolling Stones berjaya, mereka mulai mengenal musik pop-rock. Hingga mereka berdua memutuskan membentuk Van Halen pada 1974. 

                                          Eddie dan Alex Van Halen

Permainan gitar Eddie menjadi kekhasan tersendiri dari grup yang mulai dikenal luas pada akhir 70-an. Eddie dikenal dengan teknik gitar tapping dua tangannya. Anggota awal Van Halen adalah dua bersaudara Eddie dan Alex, bersama Michael Anthony dan David Lee Roth. Pada akhir 70-an itu mereka mulai konsisten bermain di bar, klub, dan hotel. Hingga kemudian Warner Bros memberi kontrak pertama mereka. Debut album mereka dengan single Running With the Devil meledak di pasaran dan berjaya di tangga lagu banyak negara. Tahun-tahun berikutnya Eddie bersama Van Halen menjadi grup band yang memiliki banyak pemuja. Lagu-lagu mereka seperti Jump, Why Can't This Be Love, Hot For Teacher, So This Is Love menjadi lagu wajib.

Selamat jalan, Eddie Van Halen..terimakasih untuk karya-karyamu.


referensi: kompas, wiki, today online

1 comment

  1. Perjuangan memang tidak menghianati hasil ya. Hasil karyanya pun tetap abadi hingga saat ini. Salut banget, dia adalah sosok Ayah yang begitu hangat. Selamat jalan Eddie Van Halen...

    ReplyDelete