Friday, April 24, 2020

Somewhere Over The Rainbow, Lagu Klasik Yang Abadi Sepanjang Masa

Inilah salah satu lagu dari masa lalu yang masih terus dihadirkan hingga kini: Somewhere Over The Rainbow. Ditulis untuk film The Wizard Of Oz lagu ini mengawali adegan pelarian Dorothy dari kehidupan suramnya di peternakan Kansas. Dorothy merindukan surga. Dorothy yang diperankan Judy Garland menyanyikan sendiri lagunya. 


Lagu yang ditulis oleh Yip Harburg dengan musik garapan Harold Arlen ini awalnya dijuduli Over the Rainbow is where I want to be. Banyak yang menilai lirik Harburg bermakna politis. Harburg menyampaikan harapannya terhadap Amerika di bawah pemerintahan Franklin Roosevelt. Saat itu Roosevelt membuat program New Deal untuk membebaskan Amerika dari The Great Depression pada awal tahun '30an.

Somewhere Over The Rainbow memenangkan Oscar pada tahun 1939 untuk kategori Best Original Song. Filmnya sendiri, The Wizard Of Oz mendapatkan 6 nominasi. Sayangnya film ini rilis berbarengan dengan Gone With The Wind yang lebih banyak mendapatkan penghargaan.

Pada tahun 2001 The National Endowment for the Arts menyebut lagu ini sebagai 'The top song of the 20th century', mengalahkan White Christmas yang cukup ditempatkan di urutan kedua. Pada tahun itu pula, Recording Industry Association Of America dan National Endowment for the Arts melakukan pooling. Hasilnya, lagu ini menempati posisi pertama sebagai 'Songs of the Century'.

Baca juga: Kisah Muram Di Balik I Don't Like Mondays

Somewhere Over The Rainbow dibawakan kembali oleh cukup banyak penyanyi, baik dalam rekaman maupun dalam show mereka. Tori Amos membawakan dalam banyak konsernya, dan pada MTV Unplugged concert tahun 1996. Pada tahun 2001, Eric Clapton, di tengah tur dunia-nya membawakan lagu ini dalam nuansa akustik blues. Pada tahun yang sama Liza Minnelli yang adalah anak Judy Garland juga membawakan lagu ini dalam konsernya Michael Jackson. Seorang musisi ukulele asal Hawaii, Israel Kamakawiwo'ole merekam lagu ini dalam versinya. Versi Kamakawiwo'ole dapat dijumpai di beberapa film, seperti Finding Forrester, Meet Joe Black, dan 50 First Dates. Tak terhitung lagi penyanyi yang tergolong muda membawakan kembali lagu ini. Sebut saja Faith Hill, Jewel, dan Pink. Lagu ini juga masuk dalam daftar lagu wajib berbagai ajang kompetisi pencarian bakat. 

Baca juga: Fire, Karya Bruce Springsteen Yang Sukses Lewat Penyanyi Lain

Somewhere Over The Rainbow

Hooh
Somewhere over the rainbow
Way up high
There's a land that I heard of
Once in a lullaby

Somewhere over the rainbow
Skies are blue
And the dreams that you dare to dream
Yes they do, really do come true

Someday I'll wish upon a star
And wake up where
The clouds are far behind me
Where troubles melt like lemon drops
Away above the chimney top
That's where you'll find me

Somewhere over the rainbow
Bluebirds fly, hoah
Birds fly over the rainbow
Why, oh why, can't I

If happy little bluebirds fly
Above the rainbow
Why, oh why, can't I

24 comments:

  1. Gila sih ini. Lengkap banget jelasin lagu Somewhere over the rainbownya.

    Yuni mah kalau dengerin lagu, kadang ya didengerin aja. Nggak tahu ada cerita apa di balik lagu itu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaa...biarkan jadi tugasku buat menceritakannya hehehe

      Delete
  2. Mbk Dhenok, aku padamuuuuu

    Bertahun2 aku seneng menyenandungkan lagu ini, tapii blass aku ga paham story d baliknya.

    Malah, aku ga ngeh kalo ini OST pilem.

    Keceee!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah..haha. emang pertama denger versi siapa? banyak banget sih yg bikin cover versionnya.

      Delete
  3. Lagu yang sering dinyanyikan ini kayak tema wajib saat momen2 tertentu yang istimewa biasanya ya mbak.Kata2nya sederhana namun penuh makna. Ini kalau anak kecil cewek yang nyanyinya dengan suara merdu, kedengeran indah banget deh.

    ReplyDelete
  4. Ulasannya khas, menarik dan powerfull...ditunggu tulisan berikutnya...

    ReplyDelete
  5. Makna lagunya sungguh dalam nih, ada impian dan harapan. Kemudian seolah mencari kebebasan dari tekanan selama ini kalau dari bait terakhir ya. Jadi ngerasa hidup di jaman dulu saya pas lihat clipnya di youtube.

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau jangan2 memang pernah hidup di masa itu? hweeeiiizzz hehe

      Delete
  6. Langsung nyanyi deh saya karena Somewhere Over The Rainbow ini lagu sepanjang segala masa
    Kayanya semua orang kenal lagu ini ya? Minimal refrain nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin yg movie geeks kayanya, ambu, anak2 muda yg masih tau

      Delete
  7. Lagu Over the Rainbow tuh klasik sepanjang masa. Di piano mudah dimainkan. Zaman masih ngajar piano, suka jadi request para Mama spy anaknya bisa main lagu ini. Wkwkwk...Kok para Mama? Mungkin biar Mamanya juga sambil nyanyi...hehe...

    ReplyDelete
  8. Nambah wawasan per'lagu'an nih buat aku. Mantap mbak Dhenok, lanjutkeun! Oya, mbak punya akun di kompasiana? Baru dua tulisanku nangkring di sono, rencana juga akan seperti blog ini. Khususon per'lagu'an, tapi yang menjadi favoritku hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum diaktifin lagi euy kompasiananya. ini sebetulnya materi siaran. ada banyak yg masih belum re-post dari blog lama yg rusak. lalu per awal tahun kan udah ga siaran hikshiks. blm nulis lagi. pengennya sih tetep bikin postingan. mungkin skrg malah bisa lebih luas. sebelumnya kan terbatas lagu2 yg buat siaran aja.

      Delete
  9. Aku pun begitu, dengerin ya dengerin aja, sesekali ikut bersenandung menyanyikannya. Nggak pernah ngulik sejarah dibalik lahirnya sebuah lagu

    ReplyDelete
  10. Lagu klasik yang terkenang sepanjang masa. Liriknya juga manis dan menyentuh banget. Membawa kita percaya bahwa impian itu ada dan bisa menjadi nyata. Aaahh mendadak nyetel di youtube nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. senengnya kalo penyelenggara2 kompetisi bakat nyanyi, memasukkan lagi2 klasik dalam pilihan. jadi lagu2 bagus di masa lalu terus bisa hadir dalam nuansa kekinian

      Delete
  11. luar biasa penjelasan tentang lagu klasik nya... saya sendiri pun lebih banyak suka mendengarkan lagu-lagu lama yang berbahasa inggris dibandingkan dengan lagu-lagu berbaha inggris yang keluaran sekarang. Mungkin karena sejak kecil papah saya sering sekali memutar lagu-lagu angkatan 70, 80 an baik dirumah maupun dimobil saat antar jemput saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iyaaa.. kebanyakan bocah2 tau lagu jadul karena ikut ortu. pendengar acara beatles saya banyak yg masih smp.

      Delete
  12. Wah, aku kudet, gak tahu lagu ini. Brb nyari aaah. kepengen dengerlagu yang klasih tapi abadi ini. Cus nyari di Youtube

    ReplyDelete
  13. Pernah tau film ini diputer ulang di TVRI memang legend sih filmnya. Aku malah baru merhatiin ostnya ternyata enak juga didengerin

    ReplyDelete
  14. Aku nol banget pengetahuan soal lagu barat tu. Jadi penasaran deh buat dengerin lagunya. Film Wizard of Oz pernah nonton yang versi kartun aku tu.

    ReplyDelete