Somewhere Over The Rainbow, Lagu Klasik Yang Abadi Sepanjang Masa

Inilah salah satu lagu dari masa lalu yang masih terus dihadirkan hingga kini: Somewhere Over The Rainbow. Ditulis untuk film The Wizard Of Oz lagu ini mengawali adegan pelarian Dorothy dari kehidupan suramnya di peternakan Kansas. Dorothy merindukan surga. Dorothy yang diperankan Judy Garland menyanyikan sendiri lagunya. 


Lagu yang ditulis oleh Yip Harburg dengan musik garapan Harold Arlen ini awalnya dijuduli Over the Rainbow is where I want to be. Banyak yang menilai lirik Harburg bermakna politis. Harburg menyampaikan harapannya terhadap Amerika di bawah pemerintahan Franklin Roosevelt. Saat itu Roosevelt membuat program New Deal untuk membebaskan Amerika dari The Great Depression pada awal tahun '30an.
 
Somewhere Over The Rainbow memenangkan Oscar pada tahun 1939 untuk kategori Best Original Song. Filmnya sendiri, The Wizard Of Oz mendapatkan 6 nominasi. Sayangnya film ini rilis berbarengan dengan Gone With The Wind yang lebih banyak mendapatkan penghargaan.

Pada tahun 2001 The National Endowment for the Arts menyebut lagu ini sebagai 'The top song of the 20th century', mengalahkan White Christmas yang cukup ditempatkan di urutan kedua. Pada tahun itu pula, Recording Industry Association Of America dan National Endowment for the Arts melakukan pooling. Hasilnya, lagu ini menempati posisi pertama sebagai 'Songs of the Century'.

Somewhere Over The Rainbow dibawakan kembali oleh cukup banyak penyanyi, baik dalam rekaman maupun dalam show mereka. Tori Amos membawakan dalam banyak konsernya, dan pada MTV Unplugged concert tahun 1996. Pada tahun 2001, Eric Clapton, di tengah tur dunia-nya membawakan lagu ini dalam nuansa akustik blues. Pada tahun yang sama Liza Minnelli yang adalah anak Judy Garland juga membawakan lagu ini dalam konsernya Michael Jackson. Seorang musisi ukulele asal Hawaii, Israel Kamakawiwo'ole merekam lagu ini dalam versinya. Versi Kamakawiwo'ole dapat dijumpai di beberapa film, seperti Finding Forrester, Meet Joe Black, dan 50 First Dates. Tak terhitung lagi penyanyi yang tergolong muda membawakan kembali lagu ini. Sebut saja Faith Hill, Jewel, dan Pink. Lagu ini juga masuk dalam daftar lagu wajib berbagai ajang kompetisi pencarian bakat.

Somewhere Over The Rainbow

Hooh
Somewhere over the rainbow
Way up high
There's a land that I heard of
Once in a lullaby

Somewhere over the rainbow
Skies are blue
And the dreams that you dare to dream
Yes they do, really do come true

Someday I'll wish upon a star
And wake up where
The clouds are far behind me
Where troubles melt like lemon drops
Away above the chimney top
That's where you'll find me

Somewhere over the rainbow
Bluebirds fly, hoah
Birds fly over the rainbow
Why, oh why, can't I

If happy little bluebirds fly
Above the rainbow
Why, oh why, can't I

2 comments

  1. Gila sih ini. Lengkap banget jelasin lagu Somewhere over the rainbownya.

    Yuni mah kalau dengerin lagu, kadang ya didengerin aja. Nggak tahu ada cerita apa di balik lagu itu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaa...biarkan jadi tugasku buat menceritakannya hehehe

      Delete