The Beatles dan Elvis Presley

Tanggal 8 Januari tercatat sebagai tanggal lahirnya Elvis Aron Presley. Persisnya 8 Januari 1935. Nama yang menjadi legenda dengan julukan 'The King of Rock and Roll' atau 'The King' saja. Lalu apa hubungannya sang raja dengan The Beatles? Secara langsung tak ada. Meski kita tahu The Beatles juga memuja The King. Catatan kali ini untuk mengingat saja perjumpaan mereka pada 27 Agustus 1965. 

Manajer Elvis, The Colonel (Colonel Tom Parker) mengagendakan pertemuan The King dengan empat pemuda yang tengah mengguncang dunia di masa itu, The Beatles. Mereka diundang mengunjungi kediaman Elvis di California. Namun kalau menurut istri Elvis, Priscilla Presley, meski undangan datang dari Elvis, tapi perjumpaan itu sangat diinginkan The Beatles. Dalam sebuah wawancara, Priscilla mengatakan ada kekakuan dalam perjumpaan itu.  Ketika John, Paul, Ringo, dan George memasuki rumah, Elvis nyaris tak  bergerak, tetap duduk santai di sofa sambil nonton TV. Dari pengakuan Priscilla, hal itu dilakukan Elvis bukan karena tak menghargai tamunya tapi hanya ingin membangun suasana santai.  Menurut Priscilla, suaminya menghormati The Beatles.

Sayangnya tak ada foto yang menyimpan kisah pertemuan The Beatles dengan The King. Dari awal The Colonel  memang sudah membuat aturan: foto atau rekaman tak diijinkan. Dalam pertemuan ini The Beatles didampingi Epstein dan Tony Barrow. Elvis ditemani Priscilla yang saat itu masih jadi kekasihnya. Bergabung juga beberapa anggota Memphis Mafia, kelompok yang banyak melakukan perjalanan bersama Elvis.

Apa yang dikatakan Priscilla diakui pula oleh The Beatles. Dalam kesempatan wawancara yang berbeda, mereka menyebut tentang kekakuan itu. “I was pretty excited about it all, and we were lucky because it was the four of us and we had each other to be with,” kata Ringo Starr. Dalam pengamatan Ringo, Elvis tampak pemalu. Dan mereka merasa lebih lagi. Tapi mereka seolah bersepakat untuk membiarkannya mengalir saja. Ringo mengaku sangat senang dengan pertemuan tersebut. Paul McCartney dan John Lennon mengakui hal yang lebih kurang sama. Paul mengatakan, “He showed us in, and he was great. I mean, it was Elvis; he just looked like Elvis. We were all major fans, so it was hero worship of a high degree.” Dalam sebuah wawancara pada tahun 1975, menurut John, “The Beatles were simply ‘terrified’. He is our idol. I just remember sitting there and him playing the bass. And me thinking ‘It’s Elvis! It’s Elvis!’ It’s actually Elvis. He looked great then, no weight on him. He looked good.”

Demikianlah akhirnya, ketika dua kekuatan rock n’ roll berjumpa. Dua bintang besar yang kemudian menjadi legenda.

Happy birthday, The King!




No comments