Fire, Karya Bruce Springsteen Yang Sukses Lewat Suara Penyanyi Lain


Bagi generasi 90-an, bisa jadi mengenal Fire lewat suara Babyface dan Desree. Padahal ini lagu sudah muncul sejak tahun 70-an dan sempat dibawakan banyak penyanyi dari dekade-dekade berikutnya. Versi paling beken dari lagu karya Bruce Springsteen ini adalah saat dirilis dalam bentuk single tahun 1978 oleh The Pointer Sisters.   


Fire awalnya diberikan Springsteen pada Robert Gordon. Mereka telah bersahabat sebelum Springsteen memberi Gordon lagu itu. Springsteen melibatkan diri untuk rekaman Gordon dengan bermain piano. Fire versi Gordon dirilis pada 1978 bersama album Fresh Fish Special. Versi The Pointer Sisters lebih sukses secara komersil. Versi mereka berhasil menanjak hingga posisi kedua Billboard Hot 100 pada Februari 1979. Sukses juga di tangga lagu sejumlah negara seperti Belgia, Belanda, Austria, Australia, Kanada, Jerman, dan Inggris. 


Springsteen sendiri sebetulnya membayangkan Fire akan dibawakan oleh idolanya, Elvis Presley. Lagu itu ia tulis pasca melihat penampilan Presley pada konsernya, 28 Mei 1977 di Spectrum di Philadelphia. Konon ia juga telah mengirimkan demonya, tapi Presley meninggal sebelum menerima kiriman Springsteen. Berikutnya, Springsteen merekam lagu itu dalam versinya sendiri. Tapi lagu itu tak lantas dimasukkan dalam album Darkness on the Edge of Town yang rilis tahun 1978. Kemungkinan tak sesuai dengan tema album. 

Babyface dan Desree baru membawakan Fire pada tahun 1998, bagian dari sederet lagu soundtrack film Hav Plenty. 


No comments