Berkenalan Dengan Linda McCartney

Bagi penggemar The Beatles namanya tentunya tak asing lagi. Tapi bisa jadi tak cukup banyak yang tahu bahwa Linda McCartney bukan sekadar ‘perempuan berstatus istri orang terkenal’, pendamping personil grup yang sangat populer pada dekade 60-an tersebut. Linda punya banyak karya. Saat bertemu Paul ia adalah seorang fotografer. Ketika Beatles bubar, ia terlibat dalam band bentukan sang suami, The Wings. Pada tahun-tahun ke belakang Linda juga dikenal sebagai aktivis hak hewan. 


Linda terlahir dengan nama Linda Louise Eastman, pada 24 September 1941, di New York. Ayahnya, Lee Eastman, adalah pengacara untuk bisnis pertunjukkan. Sedangkan ibunya, Louise Lindner Eastman adalah pewaris bisnis departement store milik keluarga Lindner. Linda kehilangan ibunya saat ia berusia 20-an tahun, meninggal karena kecelakaan. Linda memiliki satu saudara laki-laki dan dua saudara perempuan. Keluarga mereka tinggal di kawasan elit di Scarsdale, Westchester County, New York. 

Linda bersekolah di Scarsdale High School pada tahun 1959, lalu melanjutkan studi seni rupa dan sejarah di Universitas Arizona. Sebelum bertemu Paul, Linda sudah menikah dengan John Melvin See Jr pada Juni 1962, melahirkan seorang anak, Heather Louise. Pasangan ini berpisah pada tahun 1965.

Perjumpaan pertama Linda dan Paul terjadi dua bulan kemudian, saat Linda melihat pertunjukan The Beatles di Shea Stadium pada 15 Agustus 1965. Linda adalah penggemar musik dan ia terganggu dengan jeritan para fans. Dari pertunjukan ini ia mulai memotret. Gurunya, Hazel Archer, pernah memberinya tips sederhana: "Borrow a camera, get a roll of film and take pictures." Lalu hasil jepretan pertamanya diterbitkan di Spotlight, sebuah direktori para aktor Inggris, setelah ia diundang menemani seorang kawan jurnalis ke pertunjukan karya Shakespeare oleh Royal Academy of Dramatic Art.

Tahun 1965 dia kembali ke New York dan mulai membangun karirnya di bidang fotografi. Awanya ia menjadi resepsionis di majalah Town And Country. Saat itu ada undangan press launch ‘The Rolling Stones' bertempat di sebuah kapal pesiar di Hudson River, New York, pada 24 Juni 1966. Linda mencari cara untuk bisa bergabung di acara tersebut, hingga akhirnya ia menjadi satu-satunya fotografer yang bergabung hadir. Foto-foto yang kemudian berhasil Linda abadikan ternyata banyak diminati untuk publikasi. Maka ia pun meninggalkan Town And Country untuk menjadi fotografer profesional. Ia mulai membidik para musisi, baik di atas panggung dan maupun dalam kehidupan mereka sehari-hari. Ia memanfaatkan area publik seperti Central Park dan Fillmore East di New York. 

Linda berhasil mengabadikan gambar dari musisi-musisi penting seperti Aretha Franklin, Jimi Hendrix, Bob Dylan, Janis Joplin, Eric Clapton, The Who, dan The Doors. Foto Eric Clapton yang dibuatnya menjadi sampul majalah Rolling Stone pada 11 Mei 1968, dan menjadikannya sebagai fotografer perempuan pertama untuk majalah musik ini. Selain dipublikasi di media, karya-karya Linda telah dipamerkan di lebih dari 50 pameran foto di dunia, The Victoria and Albert Museum di London. Ia juga membukukannya dalam ‘Sixties: Portrait Of An Era’ yang terbit tahun 1992. 


Linda kembali berjumpa dengan Paul McCartney pada 15 Mei 1967 di Bag O'Nails club, London. Setelahnya mereka sering mengadakan pertemuan, termasuk bersama personil The Beatles lainnya.  Pada September 1968, dari London , Paul mengundang Linda untuk mengunjunginya. Hubungan mereka pun berlangsung serius setelah itu. Pasca menuntaskan White Album pada Oktober 1968, mereka pergi ke Ne York, sekaligus menjadi saat perkenalan Paul dengan Heather, yang ketika itu berusia 5 tahun. Linda dan Paul menikah pada 12 March 1969 di London. Pasangan ini mendapat banyak sorotan sebagai pasangan yang harmonis. Konon mereka tak pernah pisah ranjang. Hanya ketika Paul dipenjara di Jepang karena pemilikan obat terlarang. Mereka membesarkan empat anak, salah satunya Stella McCartney, yang dikenal sebagai desainer. Pernikahan mereka berusia 39 tahun ketika Linda meninggal dunia karena kanker pada tahun 1998.



No comments