With The Beatles, Album Kedua The Beatles


Pada 22 November 1963, The Beatles merilis With The Beatles. Album kedua The Beatles ini menduduki posisi pertama selama 21 pekan, menggantikan album debut mereka, Please Please Me. Ini sekaligus memungkinkan The Beatles tetap berada pada posisi teratas selama 51 minggu berturut-turut.
LP 'With The Beatles' berisi tujuh lagu Lennon-McCartney, enam lagu cover version, dan satu lagunya George Harrison. Tak lama setelah rilis, album ini dengan cepat terjual lebih dari setengah juta kopi. Pada September 1965 telah menjual lebih dari satu juta. Seperti halnya Please Please Me, publisitas album ini juga digarapm Tony Barrow. Berbeda dengan album Please Please Me yang 10 dari 14 lagunya hanya direkam dalam satu hari, With The Beatles direkam lebih dari 7 sesi dalam kurun waktu tiga bulan, 18 Juli sampai 23 Oktober. Dan tak satu pun dari 14 lagu tersebut rilis dalam bentuk single di UK.


Album diawali dengan hentakan John Lennon lewat It Won’t Be Long, lalu diikuti dengan All I’ve Got To Do dan All My Loving, dua komposisi Lennon/McCartney. Pada  All I’ve Got To Do, John memimpin vokal, Paul membentuk harmoni. Sebaliknya, pada All My Loving, Paul yang memimpin dan John mem-backup. Ada yang asik pada petikan gitar George Harrison di lagu ini. 


Lagu berikutnya, Don’t Bother Me menjadi debut pertama Harrison sebagai composer. Sebuah nomor cepat yang dikuasai Harrison. Paul dengan gitar rhytmnya, John dengan tamborin, dan Ringo menggebuk Arabian bongo. Produser The Beatles, George Martin, pada album sebelumnya cukup banyak terlibat pada komponen keyboard. Tapi pada lagu berikutnya, Little Child, Paul yang memainkan piano. Berikutnya Paul juga membuat interpretasinya untuk lagu milik Meredith Willson, Till There Was You yang cukup banyak digunakan untuk musik pentas. Lalu bagian pertama ditutup dengan lagu yang sering mereka bawakan saat mentas di Cavern Club, Please Mr Postman yang dipopulerkan oleh The Marvelettes.

Pada bagian kedua, lagu Chuck Berry dipilih untuk kembali menghentak. Roll Over Beethoven. Kali ini George Harrison yang memimpin, membawakan lagu yang cukup banyak dirikues penonton saat mereka manggung. Yang semarak juga datang dari suara Paul, Hold Me Tight. John dan George melengkapi. Berikutnya satu lagu berirama lambat dari salah satu grup Amerika yang mereka kagumi, The Miracles, You Really Got A Hold On Me. John dan George awalnya menyanyikan bersama lagu karya Smokey Robinson tersebut, lalu Paul menyusul. George Martin juga melengkapinya dengan pianonya. 

Dari pengamatan The Beatles terhadap apresiasi penonton saat mereka membawakan Boys, mereka menyerahkan lagu berikutnya, I Wanna Be Your Man kepada Ringo Starr. John dan Paul melengkapinya. John juga memainkan Hammond organ sebagai bakground. Lagunya Richard Drapkin, Devil In Her Heart giliran berikutnya. Lagu ini dirilis oleh penyanyi yang menamai dirinya Ricky Dee itu dengan judul Devil in His Heart. Pada versinya Beatles menjadi ‘her’ dengan suara Harrison.

Komposisi akhir Lennon/McCartney pada sesi kedua album ini adalah Not A Sceond Time. Sedangkan lagu penutup yang dipilih adalah milik Janie Bradford-Berry Gordy, Money (That's I Want). Pilihan ini seolah menyandingkan kesuksesan Twist And Shout yang selalu mendapat respon baik dalam as panggung mereka.

Pada tahun 2003, Majalah Rolling Stone menempatkan album ini di posisi 420 dari 500 Album Terbaik Sepanjang Masa versi mereka.

No comments