Salsabilbo, Laskar Garuda, dan Semangat Muda


Sebuah nama gadis belia, berbagi semangat kebangsaan dalam lagu yang baru dirilis Agustus lalu. Salsabilbo. Single bertajuk Laskar Garuda rilis bertepatan dengan peringatan 74 tahun kemerdekaan RI. 


Laskar Garuda mengusung tema tentang semangat dalam berkarya dan berjuang untuk Indonesia. Lirik yang optimis dipadu dengan musik digital yang gempita menjadikan lagu ini tampil energik. Terlebih dengan tambahan gebukan drumnya Magi dari band /rif. Ide kolaborasi dengan musisi yang terhitung senior ini datang dari produser dan pencipta lagu, Opit Bey. 

“Saya ingin memunculkan sesuatu yang berbeda. Kebetulan sudah kenal lama dengan Magi, kenapa engga berkolarasi saja. Kolaborasi dua generasi yang berbeda ini tentunya jadi tantangan tersendiri buat Salsa,” ungkap Opit. 

Namun ternyata Salsa merasa nyaman dalam kolaborasinya dengan Magi. “Aku senang bisa kolaborasi dengan Om Magi. Aku bisa kolaborasi dengan siapa saja, walaupun umurnya jauh. Genre musiknya juga beda," jelas Salsa.

Salsa sendiri bukan penyanyi yang sama sekali baru. Gadis muda kelahiran Jakarta, 21 November 2005 itu setidaknya telah merilis dua single, yakni Make A Wish dan Gak Usah Takut. Lagu yang terakhir mengundang cukup banyak apresiasi dari undangan yang hadir saat Salsa tampil di The Papandayan, Hotel Jalan Gatot Subroto, Bandung, Kamis, 29 Agustus 2019. Apa pasal? Karena lagu Gak Usah Takut menghadirkan nuansa ‘dark’. Di sisi lain, lewat lagu ini terdengar cukup jelas karakter suara Salsa yang oleh Opit dianggap unik. 


Opit mengaku sedari awal tertarik dengan Salsa, karakter suara dan pribadinya. Opit menemukan Salsa saat gadir 13 tahun itu sedang mengikuti les vokal di sanggar milik Uchi Wibi. Sebagai penyuka sosok nyleneh seperti David Bowie dan Alice Cooper, Opit menikmati karakter unik Salsa.

"Aku awalnya merasa aneh dengan suara aku. Tapi menurut Om Opit. suara aku berkarakter. Aku jadi percaya diri," ungkap Salsa.

Hal yang sama juga diungkapkan Magi/rif. Ia menilai Salsa menyimpan potensi besar untuk menjadi penyanyi. Maka saat dilamar Opit untuk kolaborasi, Magi langsung menerima. Ia juga berharap kolaborasi terus berlanjut, tak berhenti di satu single. 

Terkait dengan nuansa ‘dark’ dari single kedua Salsa, Gak Usah Takut, Opit optimis lagu tersebut akan menemukan pasarnya sendiri. Apalagi lirik lagu bicara tentang persoalan yang bisa dialami oleh semua orang. Menurutnya lagu remaja tak perlu melulu yang ceria.

“Anak remaja juga punya persoalan. Mungkin juga punya kemurungan yang sama. Tapi lagu ini sekaligus menawarkan semangat untuk bangkit. Dan berharapnya lagu ini tak hanya dinikmati oleh remaja tapi juga orang dewasa,” jelas Opit.

Sebagai remaja yang masih bertumbuh, Salsa juga memiliki masalah. Meski diakuinya banyak remaja lain yang punya masalah berat. Dan Salsa tampaknya dapat melakoni perannya sebagai siswa sekaligus penyanyi dengan baik. Menurut pengakuan sang ibu yang setia mendampingi Salsa, anak bungsunya tersebut masih berada dalam peringkat 10 besar di sekolahnya. Salsa juga terlibat banyak kegiatan yang ikut mengharumkan nama sekolah, sehingga pihak sekolah juga memberikan kelonggaran untuk aktivitas Salsa di dunia tarik suara. 


Laskar Garuda
Music & Lyric by Opit Bey

Hey Ho! Hey Ho! Hey Ho! Hey Ho! A
Aku Kau dengan dia, Garuda namanya Sang Pejuang Negeri.. Indonesia
Merah Putih Benderaku
Laskar Garudaku, Jadilah Juara Tunjukkan Kepada Dunia

Hey Ho! Hey Ho!
Aku Kau dengan dia, Garuda namanya Lambang Kebanggan Indonesia
Merah Putih Benderaku
Laskar Garudaku, Jadilah Juara Bangkitkan Semangat Merdeka
Laskar Garudaku, Jadilah Juara Tunjukkan Kepada Dunia

Hey... Hey Yo.. Hey Yo.. Hey Yo..
Laskar Garudaku, Jadilah Juara Bangkitkan Semangat Merdeka
Laskar Garudaku, Jadilah Juara Bangkitkan Semangat Merdeka
Laskar Garudaku, Jadilah Juara Tunjukkan Kepada Dunia
Laskar Laskar Laskar Garuda Laskar Laskar Laskar Garuda
Laskar Laskar Laskar Garuda Laskar Laskar Laskar Garuda


Salsabilbo : Vox & Backing Vox
Magi/rif   : Drums
Teddy/rif  : Bass
Opit Bey   : Everything else


27 comments

  1. Selesai baca tulisan ini dan sebelum komentar, aku cari lagu Laskar Garuda dan Nggak Usah Takut di youtube. Suara Salsa ini berkarakter banget, ada identitasnya. Sekilas suaranya mirip suara Fatin Shiqia Lubis.
    Aku lebih suka lagu Nggak Usah Takut, suara Salsanya tereksplor dengan cukup baik... Musik videonya juga keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya.. memang karakter suaranya lebih keluar di lagu itu. tapi jadi mengingatkanku pada portishhead. gloomy.

      Delete
  2. Masih belia banget!! Sepantaran anakku
    Semoga makin banyak musisi dan vokalis bertalenta yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. anaknya bongsor. tapi begitu ngomong, keliatan kl masih bocah :D

      Delete
    2. ini mbak nurul rahma ya? aku kok ga bisa komen di postingannya ya, mbak. dia minta login akun wordpress. padahal itu akun udah lama ga update dan lupa juga. tadi mau kontak wa, susah bener carinya :D boleh tolong kontak wa saya: 08122382293

      Delete
  3. Bagus nih lagu² begini. Meningkatkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air. Apalagi yang menyanyikan generasi milenial yg punya banyak fans. Mantul deh, tfs yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semoga makin banyak musisi/penyanyi yg bikin lagu kecintaan pada tanah air. ta melulu soal percintaan.

      Delete
  4. Seneng sama lagu2 yang berbau nasionalisme. Smg anak muda sekarang selalu mengembangkan bakatnya dimasa mendatang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semoga makin banyak yg bikin lagu tentang nasonalisme

      Delete
  5. Aku langsung cari di yutub, keren nih anak, suaranya khas, kolaborasinya pas. Semoga makin sukses Salsa , sebaya anakku ini. Suka dengan semangat anak muda yang berkarya memunculkan identitas bangsa

    ReplyDelete
  6. Anak jaman sekarang ya, sekalinya keren, ya keren banget. Dengan berbagai kemudahan teknologi, zalut babget kalo anak muda bisa manfaatkan seoptimal mungkin.

    ReplyDelete
  7. Namanya unit ya.. salsabilbo.
    Masih remaja banget tapi bakatnya udah kelihatan. Semoga nanti makin berjaya di masa mendatang dan menyatukan anak bangsa dengan musik asik.

    ReplyDelete
  8. Suaranya bagus dan punya karakter, padahal masih muda banget. Lagunya juga semangat dan membangkitkan jiwa patriotisme. Semoga makin banyak lagu-lagu seperti ini ke depannya.

    ReplyDelete
  9. Saya jujur belum pernah dengar lagunya dan belum tau penyanyinya.
    Tapi Salsa patut diapresiasikan, karena mengangkat tema patriotisme dan jadi ispirator anak-anak muda lainnya untuk lebih mencintai tanah airnya.
    Langsung saya cari di youtube.

    ReplyDelete
  10. Udah lama juga ndak muncul lagu nasionalisme yg baru ya..
    Terakhir itu lagu2nya band cokelat yang ada nasionalismenya ini

    Atau saya yg kudet? 🤔

    ReplyDelete
  11. Saya tu kudet banget soal musik. Baca ulasan ini jadi penasaran dengan salsa dan lagu-lagunya. Mau cuzz ke youtube ah. Tfs yaa...

    ReplyDelete
  12. Sekarang emang zamannya kolaborasi. asik banget. suaranya keren. liriknya bermakna. salut.

    ReplyDelete
  13. Aku lansung searching nih mbak tentang lagunya di YT, kyk berasa tujuhbelasan lagi hehe.
    Keren banget Salsa. Paling suka deh sama penyanyi yang juga berprestasi di sekolah :D
    InsyaAllah akan makin sukses ya ke depannya aamiin.

    ReplyDelete
  14. Langsung cari di youtube, Udah keren nih. Semoga makin keren lagi nantinya. Untuk lagu jenis ini aku suka gaya kikan cokelat.

    ReplyDelete
  15. Ya ampun, masih remaja lho udah kece begini, semoga sukses ya menjadi penyanyi Indonesia nih

    ReplyDelete
  16. Jadi penasaran bgt nih ini sama suaranya Salsa, mau otewe Yutub tapi kuotanya nunggu kuota pagi dulu, mantep ini pasti

    ReplyDelete
  17. Belum denger lagunya sih. Tapi baca liriknya kayaknya menggugan semangat banget buat anak muda lebih cinta Indonesia dan Pacasila. Iya gak?

    ReplyDelete
  18. Aku juga langsung cari Donk lagunya ini Laskar Garuda di youtobe dan enak banget ternyata

    ReplyDelete
  19. Grup musik baru ya. judul2 lagunya terasa bgt utk menambah semangat, setelah liat lirik lagunya jadi semakin menunjukan kiprah kita bagi Indonesia

    ReplyDelete
  20. jarang banget ada yang ngangkat tema seperti ini untuk lagunya, terutama untuk pendatang baru. Terakhir aku tahu lagu yang menggunakan tema seperti ini itu cokelat "Bendera"

    ReplyDelete
  21. Seneng lihat anak muda yang punya suara emas bisa tersalur. Salsa suaranya memang keren

    ReplyDelete