Melati Suci, Sebuah Lagu Persembahan Untuk Ibu Negeri


Melati Suci menjadi salah satu lagu yang ditampilkan Guruh Soekarnoputra dalam pergelaran akbar keduanya yang bertajuk ‘Untukmu Indonesiaku’ tahun 1980. Pergelaran bersama Swara Mahardika ini mendulang sukses besar. Bahkan kemudian disusulkan film bertajuk sama, yang merupakan film dokumenter tentang proses di balik pergelaran tersebut, termasuk di dalamnya sejarah dibentuknya Swara Maharddhika. 

Lagu ini sendiri ditulis Guruh untuk ibunya, Fatmawati. Ia ingin mempersembahkan melati, bunga dengan bentuk yang indah dan aroma wanginya yang khas. Tentunya bukan bunga dalam arti yang sesungguhnya, melainkan karyanya dalam bentuk lagu. Guruh sempat menceritakan proses pembuatan lagu tersebut kepada ibunya yang saat itu tengah menunaikan ibadah umrah di Mekkah, Arab Saudi. Ia akan memperdengarkan lagu itu untuk ibunya, pada pergelaran keduanya. Sayangnya, sang ibu keburu dipanggil Sang Khalik. Fatmawati meninggal dunia dua hari setelah hubungan telepon dengan Guruh. Persisnya pada 14 Mei 1980, di Kuala Lumpur, dalam perjalanan pulang dari Mekkah. 

Melati Suci kemudian rilis bersama lagu-lagu lain dari pergelaran ‘Untukmu Indonesiaku.’ Masih bersama dengan penyanyi-penyanyi penampil, antara lain Ahmad Albar, Tika Bisono, Chrisye, Trio Bebek, dan Johny Lewerisa. Tak hanya itu, Guruh menggandeng Tokyo Philharmonic Orchestra. Proses rekaman pun tak hanya dilakukan di Jakarta, tapi juga Jepang. Sebagai Music Director, Guruh melibatkan Candra Darusman, Elfa Secioria, dan Franky Raden. Beberapa lagu yang menjadi hits adalah Lagu Putih, Keranjingan Disco, Jenuh, dan Halo Jakarta. Sepuluh lagu di album ini ditulis oleh Guruh, kecuali To My Friends On Legian yang adalah karya Sitor Situmorang.

Melati Suci
 
Putih putih melati
Mekar di taman sari
Semerbak wangi penjuru bumi

Sari sari melati
Bersemi anggun asri
Kucipta dalam gubahan seni

Tajuk bak permata
Siratan bintang kejora
Kan kupersembahkan
Bagimu pahlawan bangsa

Putiknya pesona
Rama rama ‘neka warna
Kan kupersembahkan
Bagi pandu Indonesia

Suci suci melati
Suntingan bu pertiwi
Lambang nan luhur budi pekerti

Oh melati..
Oh melati..
Oh melati..


No comments