The Beatles, Maharishi, dan Sexy Sadie


Pada 19 Juli 1968, The Beatles mulai merekam Sexy Sadie yang disebut-sebut sebagai kritik John Lennon terhadap Maharishi Mahesh Yogi. Apa pasal?


Lihat lirik pembukanya:

Sexy Sadie what have you done
You made a fool of everyone
You made a fool of everyone
Sexy Sadie ooh what have you done


Awalnya Lennon menjuduli lirik yang ditulisnya dengan Maharishi. Atas permintaan George Harrison ia lantas menggantinya menjadi Sexy Sadie. Lagu yang mengesankan cerita tentang seorang perempuan yang mengambil keuntungan atau memanfaatkan laki-laki. Sesungguhnya menjadi sindiran Lennon untuk Maharishi yang dianggapnya hanya memanfaatkan Beatles untuk uang dan mendekati perempuan. Lennon mengaku kecewa saat ia mendapati Maharishi berperilaku tak wajar terhadap Mia Farrow. Ia menulis lirik ini saat sedang berkemas untuk meninggalkan India. “Maharishi what have you done, you made a fool...” gumamnya.


The Beatles bertemu Maharishi Mahesh Yogi pertama kali tahun 1967. Mereka tertarik karena saat itu Maharishi adalah salah satu guru Meditasi Transendental yang cukup terkenal. Nama kecilnya Mahesh Prasad Varma. Lahir di Raipur, India, pada tahun 1917. Pada usia 24 tahun Maharishi menjadi asisten personalnya Swami Saraswati, guru spiritual terkenal India yang ia panggil 'Guru Deva'. Istilah yang kita dengar di lagu Across the Universe. Maharishi sempat mengenyam bangku kuliah di Allahabad University, jurusan Ilmu Fisika. Maharishi bersama Swami hingga dia meninggal tahun 1953. Lalu ia memutuskan pindah ke daerah Himalaya. Di tempat barunya, Maharishi mengajar ilmu meditasi yg disebutnya 'Deep Transcendental Medication’. 


Bagaimana The Beatles mengenal Maharishi? Nama Maharishi sudah banyak didengar personil The Beatles sejak mereka kecil. Namun yang di kemudian hari meminati spiritualitas yang ditawarkan Maharishi bukan The Beatles tapi Pattie Boyd. Istri cantik George Harrison inilah yang awalnya tertarik dengan filosofi dari negeri Timur. Tahun 1966 George mengajak Boyd ke Bombay. Saat itu George tertarik. Baru sebatas musik, bukan spiritualitasnya. Tapi Boyd sungguh-sungguh tertarik. Maka waktu Maharishi ke London untuk menggelar ceramah, Boyd bujuk George untuk hadir. George yang awalnya ogah-ogahan akhirnya mengajak John, Paul, dan Jane Asher. Mereka pun duduk di barisan pertama. Ringo Starr tak ikut karena istrinya melahirkan. 


Maharishi Mahesh Yogi menjadi guru spiritual dari banyak pesohor. Selain The Beatles, di antaranya adalah Mick Jagger, Mike Love dari Beach Boys, Donovan, Mia Farrow, dan Deepak Chopra. Kematiannya pada 5 Februari 2008 mendapatkan publitas besar. Surat kabar di seluruh dunia menuliskannya. Selama kurun waktu tahun 60-70an Maharishi menangguk popularitas sekaligus kekayaan. Ia mendirikan Maharishi University of Management di Iowa. Ia menulis 16 buku dengan keuntungan sekitar US $ 2 milyar. Ia mendapat lisensi untuk Transendental Meditasi dan menjualnya di lebih dari 130 negara. 


Kembali ke proses produksi. The Beatles merekam Sexy Sadie di Studio Two, EMI Studios, Abbey Road dengan produser George Martin dan teknisi Ken Scott. Rekaman dilakukan pada tangga 19 dan 24 Juli dan 13 dan 21 Agustus 1968. Dirilis di bawah label Apple Records pada 22 November 1968.


Sexy Sadie


Sexy Sadie what have you done
You made a fool of everyone
You made a fool of everyone
Sexy Sadie ooh what have you done

Sexy Sadie you broke the rules
You layed it down for all to see
You layed it down for all to see
Sexy Sadie oooh you broke the rules

One sunny day the world was waiting for a lover
She came along to turn on everyone
Sexy Sadie the greatest of them all

Sexy Sadie how did you know
The world was waiting just for you
The world was waiting just for you
Sexy Sadie oooh how did you know

Sexy Sadie you'll get yours yet
However big you think you are
However big you think you are
Sexy Sadie oooh you'll get yours yet

We gave her everything we owned just to sit at her table
Just a smile would lighten everything
Sexy Sadie she's the latest and the greatest of them all

She made a fool of everyone
Sexy Sadie

However big you think you are
Sexy Sadie 

*

berbagai sumber

No comments