Tara Browne, The Beatles, dan A Day In The Life


Bagi yang tak mengikuti persis perkembangan The Beatles, pun sosok-sosok yang berperan dalam perjalanan mereka, mungkin tak familiar dengan nama Tara Browne. Nama yang memang tak cukup banyak disebut. Nama yang menjadi sumber inspirasi John Lennon dalam mencipta lagu fenomenal The Beatles, A Day In The Life, lagu yang oleh Majalah Rolling Stone dinobatkan sebagai lagu terbaiknya The Beatles.
 

I read the news today, oh boy.... begitu Lennon mengawali lirik lagu yang kemudian dimasukkan dalam album Sgt. Peppers Lonely Heart Club Band ini. Ya, hari itu Lennon membaca koran yang memberitakan kematian Browne. Sosialita muda ini meninggal dunia setelah mengalami sebuah kecelakaan lalu lintas. Browne meninggal dunia pada 18 Desember 1966. Lennon baru menulis lengkap lagu ini pada 17 Januari 1967. Pada bait kedua, Lennon menulis:
He blew his mind out in a car
He didn't notice that the lights had changed
A crowd of people stood and stared
They'd seen his face before
Nobody was really sure
If he was from the House of Lords

Lennon menjelaskan, ia tak copy paste peristiwa kecelakaan yang dibacanya. Browne tidak ‘blew his mind’.itu semata interpretasi yang Lennon buat. 

Browne adalah anggota keluarga aristokrat Irlandia, Oranmore & Browne. Persisnya putra dari Dominick Browne, baron keempat Oranmore dan Browne, yang merupakan pewaris kekayaan Guinness. Browne menikah dengan Noreen Anne MacSherry (Nicky) dan telah memiliki dua anak, Dorian dan Julian Browne. Namun saat peristiwa kecelakaan tersebut terjadi, ia tengah mengendarai mobilnya bersama kawan perempuannya, seorang model berusia 19 tahun bernama Suki Potier. Dalam pengakuannya, Potier mengatakan Browne banting stir untuk menyelamatkan dirinya. Potier hanya mengalami luka dalam peristiwa kecelakaan tersebut. 

Dibandingkan Browne sebagai sosok berduit dan aristokrat, Nicky disebut-sebut sebagai sosok yang sederhana. Sosok yang konon tak cukup diterima oleh keluarga Browne. Hal yang dikabarkan menjadi masalah dalam rumah tangga mereka. Kesederhaan Nicky misalnya digambarkan dengan keengganannya untuk mencoba LSD, ‘barang’ baru yang dimiliki para sosialita masa itu. Paul McCartney mengakui mencoba LSD adalah bersama Browne. Nicky Browne meninggal dunia pada 11 Juni 2012.

No comments