Candle in The Wind, Karya Elton John-Bernie Taupin Untuk Orang-orang Hebat

Elton John-Bernie Taupin menggarap lagu ini untuk Marilyn Monroe, sang legenda yang meninggal dunia karena over dosis pada tahun 1962. Candle in The Wind menggambarkan hidupnya yang singkat namun dipenuhi aneka peristiwa. Diawali dengan kalimat pembuka 'Goodbye Norma Jean' yang merupakan nama aslinya Monroe, Norma Jean Mortenson. Konon saat menerima lirik ini, Elton sedikit kesulitan membuat musiknya. Selain dia sadar lagu ini bakal jadi sorotan media, juga karena dia ikut merasakan duka yang dialami Monroe sepanjang hidupnya. Namun akhirnya Candle in The Wind berhasil mereka tuntaskan dan rilis tahun 1973 dalam album Goodbye Yellow Brick Road.


Lagu ini tidak dirilis dalam bentuk single hingga tahun 1987, saat Elton manggung di Australia bersama The Melbourne Symphony Orchestra. Versi single hanya rilis di UK dan hanya berhasil sampai posisi 11 pada tangga lagu. Single versi terbarunya justru bisa masuk 5 besar, baik di Amerika maupun di Inggris.

Pada tahun 1990 Elton mendedikasikan lagu ini untuk Ryan White, seorang dengan HIV-AIDS yang tertulari dari transfusi darah dan meninggal dunia pada usia 18 tahun. Tujuh tahun berikutnya Bernie Taupin, menulis ulang lirik dari lagu ini, untuk didedikasikan buat Lady Diana, yang meninggal dunia pada sebuah peristiwa kecelakaan, 31 Agustus 1997. Elton John berkawan baik dengan Diana, yang saat meninggal baru berusia 36 tahun. Putri ini mengingatkan pada legenda sebelumnya yang pernah mereka buat lagu. Jadilah Candle In The Wind" digubah ulang, khususnya pada kalimat pembuka yang diganti menjadi 'Goodbye England's Rose'. Elton menyanyikan lagu ini saat pemakaman Puteri Diana, 6 September. Versi ini direkam oleh George Martin, yang dikenal sebagai produser The Beatles.

Tak sampai sebulan lagu ini telah ada di puncak tangga lagu, baik Inggris maupun Amerika. Di America, RIAA mencatat lagu ini mencapai penjualan 11 juta copy. Dan ini yang pertama dalam sejarah mereka, memberi sertifikat Diamond untuk 'single'. Tahun itu pula, Elton John mendapatkan Grammy Award untuk kategori Best Male Pop Vocal Performance untuk lagu ini.

Candle In The Wind

Goodbye Norma Jean
Though I never knew you at all
You had the grace to hold yourself
While those around you crawled
They crawled out of the woodwork
And they whispered into your brain
They set you on the treadmill
And they made you change your name

And it seems to me you lived your life
Like a candle in the wind
Never knowing who to cling to
When the rain set in
And I would have liked to have known you
But I was just a kid
Your candle burned out long before
Your legend ever did
Loneliness was tough
The toughest role you ever played
Hollywood created a superstar
And pain was the price you paid
Even when you died
Oh the press still hounded you
All the papers had to say
Was that Marilyn was found in the nude

Goodbye Norma Jean
Though I never knew you at all
You had the grace to hold yourself
While those around you crawled
Goodbye Norma Jean
From the young man in the 22nd row
Who sees you as something more than sexual
More than just our Marilyn Monroe

No comments