Donovan, Sosok Yang Dekat Dengan The Beatles

Pada 24 April 1967, sebelum bersibuk-sibuk dengan garapan album Magical Mystery Tour, The Beatles nonton pertunjukan Donovan di London. Itu merupakan hari pertama dari sepekan pertunjukan Donovan di Saville Theatre. 

Memang siapakah Donovan, dan mengapa namanya sering disebut-sebut oleh The Beatles?


Nama lengkapnya Donovan Philips Leitch. Lahir pada 10 May 1946, Donovan adalah penyanyi, penulis lirik, dan pemain gitar, yang menguasai beberapa genre sekaligus. Ia mulai dikenal pada 1965 dengan sejumlah single hits, seperti Catch The Wind, Colours, dan Universal Soldier. Pada September 1966, Sunshine Superman menempati puncak tangga lagu Billboard Hot 100 Amerika selama satu minggu, sedangkan di Inggris berada di posisi kedua. Lagunya yang lain, Mellow Yellow berhasil menjadi runner up di Amerika Serikat pada Desember 1966, Hurdy Gurdy Man berada  di Top 5 tahun 1968, kemudian Atlantis pada urutan ketujuh setahun berikutnya. 

Donovan berkawan dengan sejumlah pemusik ternama, termasuk Joan Baez, Brian Jones, dan The Beatles. Donovanlah yang mengajari John Lennon bermain gitar gaya petik jari yang dapat ditemukan pada lagu Dear Prudence, Julia, dan Happiness Is a Warm Gun. Pun pada lagu lain di White Album, seperti Blackbird, While My Guitar Gently Weeps, dan banyak lagu lain di album ini. Bahkan George Harrison mengatakan, “Donovan is all over The White Album”.

Pada November 2003, Donovan mendapatan gelar kehormatan Doctor of Letters dari University of Hertfordshire. Dia dinominasikan oleh seorang mahasiswa universitas, Sara Loveridge, mitra Sara, Andrew Morris, dan Mac MacLeod. Bersama Morris, Loveridge telah mewawancarai dan mengulas Donovan untuk makalah universitas pada kurun 2001-2002. 

Donovan tercatat dan dianggap sebagai salah satu penulis lagu dan artis rekaman paling berpengaruh yang masih berkarya hingga kini. Pada 2012 namanya tercantum dalam  Rock and Roll Hall of Fame dengan pernyataan: “Donovan singlehandedly initiated the Pysychedelic Revolution with Sunshine Superman.” Masterwork album itu digarap oleh Donovan saat usianya baru 19 tahun. Persisnya pada 1965, setahun sebelum The Beatles merilis Sgt. Pepper’s  Lonely heart’s Club Band. Namanya kembali diabadikan dalam Songwriters Hall of Fame pada 2014.

No comments