While My Guitar Gently Weeps, karya Terbaik George Harrison bersama The Beatles






While My Guitar Gently Weeps adalah salah satu lagu yang sangat saya suka, bersama banyak lagu The Beatles lainnya tentu saja. Selain karena harmoni yang menarik sekaligus membangkitkan nuansa keueung nan melankolik (apa pula ini? :) ) juga karena selalu merasa ajaib dengan pertemanan George Harrison sang pencipta lagu dan Eric Clapton yang ikut dilibatkan di lagu ini.
Konon George terinspirasi oleh I Ching, sosok Buddha Tionghoa yang tengah ia baca bukunya. George mendapatkan gagasan tentang relativisme. Ia menangkap, pada konsep Timur segala sesuatu itu relatif terhadap sesuatu yang lain; terasa berlawanan dengan pandangan Barat yang menyatakan peristiwa terjadi secara tidak disengaja. Pada saat kunjungannya ke rumah orang tuanya di Warrington, George mulai menulis tentang lagu ini. Ia menulis lirik dengan mengambil kalimat pertama yang ia baca setelah membuka sebuah buku secara acak. Dan kalimat itu adalah gently weeps

Sekadar catatan, I Ching atau I Tsing adalah bhiksu Buddha yang berkelana untuk mendapatkan teks agama Buddha dalam bahasa Sansekerta. Ia melakukan perjalanan lewat laut ke India melalui Jalur Sutra. Selama perjalanannya tersebut I Ching pernah singgah ke Kerajaan Sriwijaya (tahun 671). Tulisannya juga dijadikan salah satu sumber sejarah kerajaan maritim Nusantara tersebut. 
Dalam prosesnya kemudian ada beberapa perubahan lirik. Perbedaan versi ini dapat dibandingkan dalam album studio The Beatles atau White Album dengan yang direkam di album Antology 3. Begitu pun dalam proses perekamannya. The Beatles merekam lagu ini beberapa kali, termasuk versi gitar solo backward seperti yang dilakukan Harrison di lagu I'm Only Sleeping di Revolver. Tapi ia tak puas. Lalu pada 6 September 1968, dalam perjalanan dari Surrey ke London, Harrison meminta Eric Claptop untuk terlibat dalam lagu ini. Clapton konon sempat ragu, namun George berhasil meyakinkan. Jadilah mereka merekam malam itu juga dalam versi gitar utama Claptop yang menggunakan Gibson Les Paul. 

Beberapa penyanyi dan grup musik membawakan kembali lagu ini. Bersama Clapton, pada 29 November 2002, Paul McCartney menyanyikan lagu ini pada konser untuk mengenang setahun meninggalnya George Harrison. Tahun 2004, nama George Harrison diabadikan dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai artis solo. Pada hari itu While My Guitar Gently Weeps dimainkan oleh Tom Petty, Jeff Lynne, Steve Winwood, Steve Ferrone, Marc Mann, Dhani Harrison, dan Prince.

While My Guitar Gently Weeps berada di urutan 136 dalam daftar The 500 Greatest Songs of All Time-nya Majalah Rolling Stone. Majalah tersebut juga menempatkan ini lagu di urutan ke-7 dalam daftar 100 Greatest Guitar Songs of All Time, dan posisi 10 dalam daftar The Beatles 100 Greatest Song. Sementara itu pooling yang diadakan Majalah Guitar World pada Februari 2012 menempatkan lagu ini sebagai lagu terbaik Harrison saat bersama The Beatles. 

While My Guitar Gently Weeps 

I look at you all see the love there that's sleeping
While my guitar gently weeps
I look at the floor and I see it needs sweeping
Still my guitar gently weeps.

I don't know why nobody told you
How to unfold your love
I don't know how someone controlled you
They bought and sold you.

I look at the world and I notice it's turning
While my guitar gently weeps
With every mistake we must surely be learning
Still my guitar gently weeps.

I don't know how you were diverted
You were perverted too
I don't know how you were inverted
No one alerted you.

I look at you all see the love there that's sleeping
While my guitar gently weeps
Look at you all
Still my guitar gently weeps.

No comments