The Beatles dan Hamburg

Satu kata pengait antara The Beatles dan bulan Agustus adalah: Hamburg. Di salah satu kota di Jerman inilah The Beatles mulai dikenal. Dari hanya grup anak muda yang mencoba peruntungan dari kota mereka di Inggris, Liverpool, ke kota negara tetangga. 


The Beatles manggung pertama kali di Hamburg pada 17 Agustus 1960. Mereka manggung di sebuah klub bernama ‘Indra’. Klub ini sebelumnya dikenal dengan pertunjukan kabaret telanjang. Baru ketika The Beatles bermain, mereka menampilkan musik rock ‘n roll. Selama manggung di Hamburg, The Fab Four tinggal di bekas bioskop yang kumuh, Bambi. Hari-hari itu adalah masa sulit mereka. Lalu setelah 48 kali pertunjukan, The Beatles pindah ke klub yang lain, Kaiserkeller. Lokasinya tak jauh dengan klub sebelumnya, dan dengan pemilik yang sama pula. Di Kaiserkeller inilah mereka bertemu Richard Starkey, pemain drum dengan nama panggung Ringo Starr. Saat itu ia bermain bersama band Rory Storm & The Hurricanes. Belakangan hari Ringo menggantikan drummer The Beatles, Pete Best.

The Beatles hanya manggung selama sepekan di Kaiserkeller. Mereka ingin beralih ke klub lain bernama Top Ten. Di sinilah muncul kasus pengusiran George Harrison. Gitaris The Beatles ini diusir karena ketahuan baru berusia 17 tahun; dianggap terlalu muda untuk untuk masuk klub malam. Konon kabarnya ada keterlibatan pemilik Kaiserkeller dalam peristiwa ini. Mereka tak suka dengan rencana The Beatles meninggalkan klub dan pindah ke klub lain, lalu melaporkan ke polisi. Alhasil grup ini  itu pun pulang kampung. 

Beberapa bulan kemudian, persisnya pada awal 1961, The Beatles kembali ke Hamburg. Selama tiga bulan mereka bermain di Top Ten. Di masa ini mereka berteman dan membuat rekaman pertama dengan musisi Tony Sheridan. Peluncuran rekaman dari kerjasama mereka yang dinamai ‘The Beat Brothers’ ini menjadi tonggak sejarah The Beatles. Rekaman yang di kemudian hari ditemukan Brian Epstein, yang kemudian menjadi manajer band. Rekaman yang berhasil melahirkan fenomena pop dunia ini lahir di Hamburg. Dan setelah kelahiran itu, The Beatles pun tak terbendung.

No comments