Mengenang Andy White

Jelang 8 Desember pecinta The Beatles sudah bisa dipastikan kenangannya tertuju pada John Lennon. Mari mundur sejenak ke peristiwa yang terlupakan bulan lalu (November 2015). Kematian Andy White, drummer yang pernah bergabung dengan The Beatles. Siapakah Andy White?


Ia disebut-sebut sebagai "one of the busier drummers in England from the late '50s through the mid-'70s". Andy White menggebuk drum untuk penyanyi dan grup musik, baik di Inggris maupun Amerika. Sebut saja Chuck Berry, Billy Fury, Herman’s Hermits, dan Tom Jones. Ia diminta George Martin untuk bergabung dengan The Beatles, karena saat itu George Martin tampaknya belum percaya sepenuhnya pada Ringo Starr. White bermain untuk single pertama The Beatles, Love Me Do. Selain itu juga untuk lagu sisi dua single Love Me Do, P.S. I Love You. Ia juga tampil pada debut LP Please Please Me. Nama Ringo Starr juga tercantum, namun sebagai pemain tambourine pada Love Me Do dan maracas pada P.S. I Love You.

Konon White dibayar £5 untuk 3 jam sesi dan tak menerima royalti untu keterlibatannya. Barangkali ia hanya tercatat sebagai ‘The fifth beatle’ bersama Stuart Sutcliffe, Pete Best, dan Jimmie Nicol. Selama mengisi posisi drummer untuk The Beatles ini, White juga terlibat dalam penggarapan hitnya Tom Jones tahun 1965, It's Not Unusual.

Andy White sendiri adalah orang Scotlandia. Ia lahir di Glasgow, Scotlandia pada 27 Juli 1930 dri keluarga pengusaha rori. Ia mulai belajar bermain drum pada usia 12 tahun dan menjadi musisi profesional lima tahun setelahnya. Pada era 50an dan awal 60an White banyak bermain drum untuk grup swing dan traditional jazz.

Pada akhir hidupnya White tinggal di Amerika bersama istrinya, Thea White, dan menjadi instruktur drum. White menginggal dunia karena stroke di Caldwell, New Jersey pada 9 November 2015 di usianya yang ke-85 tahun.

No comments