Dua Belas Lagu Terbaik Film James Bond, Mana Favorit Anda?

Anda penyuka film Bond? Hanya filmnya atau termasuk lagu-lagu yang menjadi soundtrack-nya? Karena seperti halnya filmnya yang berjaya, lagu-lagu yang menjadi soundtrack film juga laris manis di pasaran dan mendapat apresiasi positif dari kritikus musik. Berbagai sumber referensi musik menempatkan Goldfinger sebagai lagu terbaik di antara sekian lagu tema Bond yang kita kenal. Dan Shirley Bassey tampaknya menjadi penyanyi kesayangan para pengamat musik.


Ini dia 12 OST terbaik film James Bond.

1. Goldfinger (Shirley Bassey)

Ini film ketiga Bond yang rilis pada 1964, dengan pemeran Sean Connery. Lirik ditulis John Barry, Anthony Newley, dan Leslie Bricusse. Bassey dianggap betul-betul menunjukkan kualitrasnya pada lagu ini. Tak heran jika banyak yang menempatkan ini lagu di urutan terbaik. 



2. Live and Let Die (Paul McCartney and Wings)

Lagu ini menjadi lagu Bond pertama yang bergenre rock. Paul Bersama istrinya, Linda McCartney menuliskan lisriknya dan membawakan Bersama grup mereka, The Wings. Lagu ini menjadi hit pertema mereka. Pada 1991, Guns n’ Roses membuat covernya.

3. You Only Live Twice (Nancy Sinatra)

John Barry masih jadi penulis untuk lagu tema Bond. You Only Live Twice awalnya akan diberikan kepada Aretha Franklin. Namun produser Albert Broccoli memilih Frank Sinatra yang dianggap lebih tepat. Keputusannya, mereka tidak memilih keduanya, namun pilihan jatuh pada  Nancy Sinatra.



4. Skyfall (Adele)

Adele memenangkan Oscar untuk lagu ini. Ia menulis sendiri lagunya, bersama dengan produser Paul Epworth. Lagu yang mengiringi film Bong ke-23 ini dianggap berperan penting dalam kesuksesan filmnya.



5. Diamonds are Forever (Shirley Bassey)

Film ini menempatkan Sean Connery Kembali sebagai pemeran utama Dan Kembali, Shirley Bassey dilibatkan untuk membawakan theme song Bond ketujuh ini. Lirik ditulis John Barry dan Don Black. 



6. Nobody Does it Better (Carly Simon)

Lagu tema film Bond kesepuluh ini tak sama dengan judul filmnya, The Spy Who Loved Me. Lagunya merupakan karya kolaborasi Marvin Hamlisch dan Carole Bayer Sager. Manis. Tampak cocok dengan pemeran Bond masa itu, Roger Moore. 



7. Thunderball (Tom Jones)

Pada theme song film Bond keempat, terpilihlah Tom Jones. Penyanyi asal Welsh ini dikenal memiliki vocal yang kuat dan cocok dengan lagu karya John Barry tersebut. 



8. For Your Eyes Only (Sheena Easton)

Pada film ini, composer Bill Conti ingin menampilkan sesuatu yang manis. Manis dan tak biasa karena menampilkan sang penyanyi, Sheena Easton ke dalam film.



9. On Her Majesty’s Secret Service (John Barry Orchestra)

Film Bond ini untuk kedua kalinya menggunakan instrumentalia setelah From Russia With Love yang sudah jauh tertinggalkan. Upaya John Barry memunculkan melodi  menggunakan bass Moog yang mendahului trennya. 



10. Moonraker (Shirley Bassey)

Moonraker menjadi lagu ketiga Shirley Bassey pada franchise James Bond. Lagu tema film Bond ke-11 ini masih ditulis oleh John Barry. Proses penentuan penyanyi konon cukup panjang. Awalnya dipertimbangkan diserahkan kepada Frak Sinatra, akhirnya ditawarkan kepada Kate Bush namun ditolak, diserahkan kepada Johnny Mathis tapi tidak tuntas penggarapannya. Hingga akhirnya diserahkan kepada Shirley Bassey.



11. The World Is Not Enough (Garbage)

Memasuki decade 90-an ada yang berubah pada lagu-lagu Bond. Ada kesan misterius yang ingin mereka tonjolkan. Dengan nuansa suspensenya, lagu ini terasa pas dengan filmnya yang memiliki sentuhan thriller. 



12. A View To A Kill (Duran Duran)

Lewat lagu ini untuk pertama kalinya theme song James Bond ada di nomor pertama tangga lagu. Tak sia-sia upaya yang dilakukan bassist Duran Duran, John Taylor, yang melakukan pendekatan kepada produser Bond, Albert R 'Cubby' Broccoli. Dan lagu ini menjadi salah satu hit terbesar mereka. 


Baca juga: A View To A Kill, Soundtrack Bond Yang Berjaya

Sepakat dengan daftar di atas, atau punya daftar sendiri?


No comments