Please Please Me, Album Perdana The Beatles


Akhirnya The Beatles berhasil meluncurkan album perdana: Please Please Me. Perjalanan panjang, dari grup anak muda bernama The Quarrymen, lalu pengelanaan ke Jerman sebagai homeband klub malam setempat, hingga audisi yang gagal, akhirnya mereka masuk dapur rekaman yang sesungguhnya.

  
Sebelumnya, pada akhir 1962, The Beatles melepas single Love Me Do/PS I Love You. Dua-duanya bersaing di tangga lagu di Inggris. Love Me Do hanya sanggup bertahan di posisi 17, sedangkan Please Please Me berhasil mencapai puncak. Kesuksesan album single ini membawa The Beatles menuju kepopuleran di Inggris. Memasuki 1963 datang kesempatan membuat album. Sang produser, George Martin bercerita, “I asked them what they had which we could record quickly, and the answer was their stage act.” Maka mulailah proses rekaman pada 11 Februari 1963, di EMI Studios, Abbey Road. Album Please Please Me terdiri dari 14 lagu, 8 ditulis John Lennon dan Paul McCartney, 6 lagu lainnya cover version dari grup dan penyanyi lain yang selama ini mereka bawakan di Cavern Club. Terasa sekali pengaruh dari band dan penyanyi terdahulu, seperti The Everly Brothers, Elvis Presley, dan Chuck Berry yang lagunya juga direkam pada album-album setelahnya. 


Album Please Please Me rilis pada 22 Maret 1963. Majalah musik Rolling Stone menempatkan album ini di posisi 39 dalam daftar ‘500 Greatest Albums of All Time.

No comments